Menu

Gejala, Pengobatan dan Pencegahan Tetanus Pada Anjing

0 Comments

Ada tidak banyak lebih dari 7 juta anjing peliharaan di Perancis, dengan keturunan pelbagai seperti Chihuahua, Gembala Jerman, Labrador, bulldog … Tapi anjing trah apa yang benar-benar kesayangan di Prancis? Temukan 10 pemenang untuk mendapatkan training langsung dari ahlinya.

Apa tersebut tetanus dan dari mana asalnya?

Tetanus diakibatkan oleh tetanus bacillus ( Claustridium tetani ), kuman resisten di lingkungan eksternal yang menghasilkan tetanus-plasmin. Bakteri ini bisa masuk ke tubuh melewati penghalang kulit, sesudah cedera, menyengat, menggigit … Jadi, luka yang didesinfeksi dengan buruk pada anjing bisa menjadi sumber kontaminasi oleh bacillus tetanus, tetapi dapat juga terjadi pada ketika terjadi perforasi (bahkan kecil) oleh spikelet, tulang belakang, benda tajam, dll.

Basil tetanus mempunyai kekhususan menyusun spora yang memungkinkan guna bertahan hidup sejumlah tahun di lingkungan, khususnya di tanah dan pun di dalam drainase pencernaan hewan. Spora ini tidak lebih dari sel-sel reproduksi yang menantikan untuk masuk organisme guna berkembang. Waktu inkubasi bisa berkisar dari 3 hari sampai 3 minggu, antara ketika bakteri menginjak tubuh dan pernyataan fenomena kesatu. Pada titik ini, bacillus mulai menghasilkan tetanoplasmin yang akan memprovokasi sistem saraf hewan: ini disebut format umum.

Baik guna diketahui: tetanus tidak menular dan anjing ialah spesies yang lumayan sensitif terhadap bakteri (600 kali lebih tidak banyak daripada insan dan kuda)!

Bagaimana anjing saya dapat menangkap tetanus?

Basil tetanus secara khusus muncul di tanah yang kaya bahan organik (tanah yang dibuahi dengan pupuk kandang) dan kotoran hewan. Ini berkembang lebih dalam iklim panas dan lembab, dan melulu hidup di lingkungan yang kelemahan oksigen. Dengan tidak adanya situasi ini menguntungkan guna reproduksi, kuman bertahan dalam format spora yang resisten terhadap disinfektan konvensional.

Seekor anjing secara teoritis bisa terkontaminasi dengan tetanus melukai atau menggaruk sekitar negara berjalan, memasuki tanah terkontaminasi sementara tersebut mempunyai luka ke lugs, dengan menusuk diri pada objek berkarat (alat, berduri …) atau kontak dengan kotoran fauna lain. Namun, bacillus memerlukan portal di tubuh supaya kontaminasi terjadi, tersebut bukan kontaminasi dengan kontak sederhana.

Gejala tetanus pada anjing

Dalam 3 sampai 20 hari infeksi, firasat klinis penyakit mulai muncul. Dalam banyak sekali kasus, yang secara kebetulan sangat tidak serius, tetanus disebut format terlokalisasi yang menuliskan bahwa fenomena berhenti di luka masuknya bakteri, tanpa (belum) pulang ke sistem saraf pusat. Satu lantas dapat menyaksikan kontrak secara permanen otot atau kumpulan otot, contohnya terletak di dahan di mana luka sudah menjadi terinfeksi.

Didukung dalam waktu, eksemplar isian ini agak meyakinkan dan dapat diasuh dalam sejumlah minggu, dengan 90% kesempatan pemulihan. Bentuk umum, sedangkan itu, jauh lebih serius dan tidak jarang fatal. Gejala yang diamati dapat banyak, dan kasih sayang paling menyakitkan untuk hewan. Pada etape peralihan, seseorang dapat meneliti kekakuan otot dan kendala lokomotor yang mengingatkan pada mula kelumpuhan. Telinga tegak di kepala dan mata bisa kembali ke orbitnya sebab kontraksi otot, dahi berkerut, menyerahkan fasies yang khas.

Pada stadium lanjut, disfungsi serius meneliti sebagai rahang terkunci, kontraksi dari otot-otot pernapasan dan kerongkongan, penambahan denyut jantung dan suhu (hingga 42 °), air liur berlebihan, gangguan saraf ( hiper-reaktivitas, kejang-kejang). Kesulitan pernapasan dan jantung yang didapatkan dapat dengan cepat mengakibatkan kematian anjing, dan otak pun dapat terpengaruh.

Perawatan dan perawatan terhadap tetanus

Tetanus membutuhkan konsultasi terpaksa di mana diagnosis yang diciptakan oleh dokter fauna menilai perawatan cocok dengan pertumbuhan kondisi. bantuan kesatu terdiri dari administrasi tetanus serum dan antibiotik, digabungkan dengan penyembuhan medis (Power supply, antispasmodik, bedah luka pembersihan …) yang dapat mengakibatkan perbaikan fenomena dalam seminggu.

Jika perawatan berhasil, pengobatan dimungkinkan sesudah sekitar sebulan. Di rumah, perawatan harian akan diserahkan dan seluruh bisnis anjing mesti didesinfeksi. Secara keseluruhan, perawatan ini rumit dan mahal dan bisa jadi penyembuhan lengkap ialah 50% dalam permasalahan kondisi umum. Oleh sebab itu, pencegahan ialah pilihan terbaik.

Apa pencegahan terhadap anjing tetanus?

Jika vaksin tetanus terdapat untuk insan dan kuda, tersebut tidak dilaksanakan pada anjing dan kucing yang tidak cukup rentan terhadap kontaminasi. Jika pasangan kita lebih terpapar risiko ini, yang bermukim di pedesaan di wilayah panas dan lembab, atau dekat tanah dibuahi (daerah pedesaan pertanian), dan ia dipakai untuk pergi mengenai sendirian di luar Anda mesti meminta vaksinasi fauna peliharaan Anda.

Juga, mengecek anjing Anda masing-masing perjalanan kembali, pada menggali cedera atau luka yang dapat menjadi pintu gerbang ke bacillus dan mensterilkan luka dengan hidrogen peroksida atau Betadine. Dalam permasalahan luka yang dalam, konsultasikan dengan dokter fauna Anda dengan cepat.